Fungsi Kemasan Makanan-Minuman

Banyak kemasan makanan plastik atau karton yang tampilannya indah, tapi belum tentu memenuhi syarat yang aman untuk menyimpan makanan atau minuman.




Kemasan Ayam Bakar WONG SOLO

 
Apa dan bagaimana syarat kemasan makanan dan minuman yang baik dan benar itu...?!?

 

Kemasan makanan dan kemasan minuman perlu syarat higienitas yang ketat. Hal ini membutuhkan perlindungan, resistensi gangguan, dan khusus fisik, kimia, atau kebutuhan biologis. Ini berguna utk menunjukkan produk yang diberi label untuk menunjukkan informasi gizi pada makanan atau minuman yang akan dijual atau dikonsumsi.
Fungsi kemasan makanan atau minuman digunakan utk melindungi produk makanan atau minuman. 

 Kemasan Ayam Bakar WONG SOLO

Apa fungsi kemasan makanan atau minuman:


  • Perlindungan fisik - Makanan terlampir dalam paket mungkin membutuhkan perlindungan dari, antara lain, guncangan, getaran , kompresi, temperatur , dll
  • Barrier perlindungan - Sebuah penghalang dari oksigen, uap air, debu, dll, seringkali diperlukan. Permeasi merupakan faktor penting dalam desain. Beberapa paket berisi desiccants atau peredam oksigen untuk membantu memperpanjang umur simpan. atmosfer dimodifikasi atau atmosfer dikendalikan juga diselenggarakan dalam beberapa paket makanan. Menjaga isi bersih, segar, dan aman adalah fungsi utamanya.
  • Penahanan atau aglomerasi - item kecil biasanya dikelompokkan bersama dalam satu paket untuk alasan efisiensi. bubuk , dan bahan granular perlu penahanan.
  • Transmisi informasi - Paket dan label berisi informasi bagaimana menggunakan, transportasi, daur ulang, atau membuang paket atau produk. Beberapa jenis informasi yang diperlukan oleh pemerintah.
  • Pemasaran - Kemasan dan label dapat digunakan oleh pemasaran guna mendorong pembeli potensial untuk membeli produk. Paket desain telah menjadi fenomena penting dan terus berkembang selama beberapa dekade. Komunikasi pemasaran dan desain grafis diterapkan pada permukaan paket dan (dalam banyak kasus) dengan tampilan titik penjualan .
  • Keamanan - Kemasan makanan/minuman dapat memainkan peranan penting dalam mengurangi keamanan risiko pengiriman. Paket dapat dibuat dengan meningkatkan resistensi tamper untuk mencegah gangguan dan juga dapat memiliki tamper-jelas fitur untuk membantu menunjukkan gangguan. Paket bisa direkayasa untuk membantu mengurangi risiko pencurian paket : Beberapa konstruksi paket lebih tahan terhadap pencurian dan beberapa telah menunjukkan segel mencopet. Paket mungkin termasuk otentikasi segel untuk membantu menunjukkan bahwa paket dan isi tidak palsu . Paket juga dapat mencakup perangkat anti-pencurian, seperti pewarna-pack, RFID tag, atau artikel elektronik pengawasan tag, yang dapat diaktifkan atau terdeteksi oleh perangkat pada titik keluar dan memerlukan alat khusus untuk menonaktifkan. Menggunakan kemasan dengan cara ini adalah cara pencegahan usaha ritel kehilangan produksnya.
  • Kenyamanan - Paket dapat memiliki fitur yang menambah kenyamanan dalam distribusi, penanganan, penumpukan, tampilan, penjualan, membuka, reclosing, penggunaan, dan menggunakan kembali.
  • Kontrol porsi - kemasan memiliki jumlah yang tepat dari isi untuk mengontrol penggunaan isi makanan/minuman didalamnya. Komoditas Massal (seperti garam) dapat dibagi menjadi paket yang ukuran lebih cocok untuk rumah tangga individu. Hal ini juga membantu kontrol inventaris: menjual disegel satu liter-botol susu, daripada harus membawa botol sendiri untuk mengisi sendiri.

Jenis Kemasan Makanan 

Bahan-bahan di atas dibentuk menjadi berbagai jenis paket kemasan makanan-minuman dan wadah seperti:
Jenis Kemasan Jenis wadah Contoh makanan
Pengolahan aseptik Primer Seluruh cairan telur
Nampan plastik Primer Bagian ikan
Tas Primer Keripik kentang
Box Sekunder Kotak Coca Cola
Kaleng Primer Dapat dari Tomat sup.
Karton Primer Karton telur
Kemasan Fleksibel Primer Kantong salad
Palet Tersier Serangkaian kotak pada palet tunggal yang digunakan untuk transportasi dari pabrik ke pusat distribusi marketing.
Wrapper Tersier Digunakan untuk membungkus kotak pada palet untuk transportasi.

Kemasan primer adalah paket utama yang memegang makanan yang sedang diproses. Kemasan sekunder menggabungkan paket utama ke dalam satu kotak yang dibuat. Kemasan tersier menggabungkan semua paket sekunder menjadi satu palet. 

Ada juga wadah khusus yang menggabungkan teknologi kemasan makanan-minuman yang berbeda untuk daya tahan maksimum:
  • Tas-In-box (digunakan untuk minuman ringan sirup, produk cair lainnya, dan produk daging )
  • Anggur kotak (digunakan untuk anggur )
Blog, Updated at: 1:53:00 AM

1 komentar: